Kamis, 31 Maret 2011

Resensi



A. Pengertian Resensi
      Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya, baik itu buku, novel, majalah, komik, film, kaset, CD, VCD, maupun DVD. Tujuan resensi adalah menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya itu patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak. Yang akan kita bahas pada buku ini adalah resensi buku. Resensi buku adalah ulasan sebuah buku yang di dalamnya terdapat data-data buku, sinopsis buku, bahasan buku, atau kritikan terhadap buku. (http://jajawilsa.blogspot.com/2009/05/pengertian-resensi.html).


B. Contoh Resensi
  
...Dan Mereka Hidup Bahagia Selamanya
Resep Dongeng Untuk Cinta Abadi

Judul Asli                   : Happily Ever After The Fairy-tale Formula for Lasting Love
Penulis                       : Wendy Paris
Penerbit                     : PT Bhuana Ilmu Populer
Tahun Terbit                : 2003
Jumlah Halaman            : 124 halaman
ISBN                          : 979-694-251-8

Buku ini memberitahu bagaimana caranya mendapatkan cinta yang selama ini di impikan yang berasal dari dongeng. Memuat dongeng-dongeng klasik dari sudut pandang kontemporer, dengan memperlihatkan apa yang dilakukan oleh para pahlawan dalam cerita-cerita tersebut untuk dapat hidup bahagia.
Tiap bab dalam buku ini merupakan penafsiran sebuah dongeng klasik dengan penekanan pada cara tokohnya dalam memegang teguh nilai moral dan kebahagiaan meraih cinta yang pada akhirnya mereka dapatkan. Dongeng umumnya menceritakan betapa pentingnya menghormati orang lain dan memperlakukan mereka dengan baik, sikap yang saat ini sering dilupakan orang dalam usaha mendapatkan cinta.
Dalam buku ini, disajikan sepuluh dongeng yakni Ciderella, kecantikan seorang gadis yatim piatu, berbusana untuk kesuksesan,dan mengambil kesembatan untuk berubah; Putri bangsawan dan kacang polong, mendapatkan seorang pangeran dengan menunjukkan diri yang sesungguhnya; Little Mermaid (Si Putri Duyung), putri yang tenggelam dalam lautan cinta tak terdalam; Para peri, gadis yang menjadi kaya harta dan cinta karena berkepribadian baik; Thumbellina, makhluk perempuan bertubuh kecil yang berkencan dengan katak, lalu jatuh cinta pada peri bunga; Grece dan Derek, seorang putri yang pernah dikhianati belajar untuk mempercaya lagi; Beauty and The Beast, putri yang pemberani mengabaikan wajah buruk rupa yang menakutkan dan menemukan cinta; Si janggut biru, seorang wanita gila harta yang menikah karena uang, hampir menemui ajal; Nelayan dan Istrinya, perempuan serakah yang mendambakan harta kekayaan yang berlimpah untuk mengakhiri kesengsaraannya; Sleeping Beauty, perempuan berusia seratus enam tahun akhirnya mendapatkan cinta.
Buku ini juga mencakup tiga buah dongeng peringatan yang menunjukkan hasil yang didapat jka gagal mengikuti resep dongeng tersebut. Meskipun dari setiap dongeng hanya mengambil satu inti nasihat, sebenarnya banyak pelajaran yang dapat diambil. Kita akan menemukan bahwa aspek berbeda dari sebuah cerita berkaitan dengan hidup dan usaha kita dalam mencari sosok seorang pangeran.
Buku ini bukan hanya menyajikan sepuluh dongeng klasik saja. Namun mempunyai kelebihan yaitu terdapat pelajaran dari dongeng tersebut, dan saran dalam membina hubungan dan inti dari cerita dongeng tersebut, serta latar belakang cerita dongeng tersebut diterbitkan.
Buku ini juga terdapat kekurangan, yaitu banyaknya versi dongeng klasik misalnya Little Mermaid (Si Putri Dunyung). Dongeng ini terdapat dua versi yang berbeda, yaitu dongeng yang ditulis oleh Hans Christian Andersen, diterbitkan pertama kali  pada tahun 1837. Dalam buku ini menceritakan bahwa dongeng ini merupakan sebuah dongeng peringatan yang tidak berakhir dengan bahagia. Sedangkan dalam versi Disney, tokoh putri duyung tersebut mendapatkan kembali suaranya dan menikah dengan pangeran.
Buku ini menunjukkan pada setiap pembaca wanita bagaimana memusatkan perhatian pada kelebihan-kelebihan dan sifat yang mereka miliki dan bukan dengan cara-cara manipulatif untuk memenangkan hati seorang pria. Sebagai penangkal tips-tips berkencan yang tidak baik dan tidak efektif, ...Dan mereka Hidup Bahagia Selamanya menewarkan saran yang praktis dan memberi kekuatan, yang terbukti efektif sejak 500 tahun yang lalu dan masih relevan hingga saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels